Geology Goes to School

[tabs slidertype=”simple” fx=”slide” auto=”yes”] [tab]
IMG-20140203-00914[/tab][tab]
IMG-20140203-00913
[/tab][/tabs]

Senin 3 Februari 2014, terlihat beberapa mahasiswa tengah berdiri di depan sebuah sekolah negeri di daerah Bulungan, Jakarta. Beberapa diantara mereka mengenakan jas berwarna coklat muda yang menjadi lambang almamater mereka dengan slayer kuning melingkar di lengan, dan beberapa lainnya mengenakan korsa dengan warna yang senada. Rupanya, mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari jurusan teknik geologi Universitas Gadjah Mada dan tengah melaksanakan suatu kegiatan yang disebut dengan ‘Geology Goes To School’ (GGTS), sebuah program yang dirancang untuk memberikan pengetahuan umum kepada siswa sekolah menengah atas seputar jurusan teknik geologi Universitas Gadjah Mada.

SMAN 70 Jakarta, yaitu SMA yang mereka kunjungi pada hari tersebut merupakan salah satu sekolah yang mendapatkan kunjungan dari para mahasiswa tersebut. Meskipun tidak semua kelas dapat dikunjungi, tetapi terdapat beberapa siswa yang tampak antusias dengan acara tersebut. Salah satunya adalah murid-murid kelas XII Alam 7 yang bahkan meminta kunjungan tersebut dilaksanakan setelah jam pelajaran usai.

“Kalau mau masuk geologi UGM, nilai harus bagus ya kak?” Tanya salah seorang murid perempuan di kelas tersebut yang mengikuti ekstrakurikuler sisgahana, ekstrakurikuler yang memuat siswa-siswa pecinta alam di SMA 70. Kepada mereka, mahasiswa teknik geologi tersebut menjelaskan beberapa jalur untuk dapat menjadi mahasiswa teknik geologi UGM, dari jalur rapor (SNMPTN Undangan), ujian tulis, hingga jalur UM. “Selain itu, ada juga jalur bidikmisi dan beasiswa untuk murid-murid yang berprestasi dan kurang mampu” jelas para mahasiswa itu kemudian.
Ada pula Aso, salah satu murid yang menggeluti ekstrakurikuler boxing dan terlihat sangat tertarik dengan kegiatan para mahasiswa geologi tersebut. “Geologi suka jalan-jalan kan kak? Wah asyik, tuh!” ujarnya pada para mahasiswa tersebut.

Setelah penyampaian materi, mahasiswa-mahasiswa tersebut kemudian berfoto bersama dengan beberapa murid yang antusias, salah satunya adalah Aso tadi. “Saya masuk geologi supaya bisa mengabdi pada bangsa, kak, soalnya kan sumber daya alam Indonesia masih banyak banget yang belom dieksplor,” ujarnya sambil tertawa.

Besoknya, dilanjutkan dengan kunjungan ke SMAN 28 Jakarta yang terletak di daerah Pasar Minggu.Jalan nya kegiatan kurang lebih sama seperti saat di SMAN 70, dan kelas yang diprioritaskan adalah kelas yang memiliki siswa-siswa yang berminat untuk kuliah di jurusan Teknik Geologi.
Salah satu kelas yang dikunjungi adalah 12 IPA 4 karena memiliki banyak siswa yang berminat untuk mendaftar di jurusan teknik geologi, Salah satu nya adalah Nurul Fadhila Jusna, salah seorang siswi SMAN 28 Jakarta yang merupakan siswi berprestasi dalam OSN bidang Kebumian yang ingin mendaftar di jurusan Teknik Geologi.

Namun sayangnya tidak semua sekolah dapat dikunjungi dalam rangkaian acara ini dikarenakan adanya jadwal ujian sekolah.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*