Earth Time : Peringatan Hari Bumi oleh Departemen Sosial HMTG FT UGM

[tabs slidertype=”simple” fx=”slide” auto=”yes”] [tab]DSC_0477[/tab] [tab]DSC_0486[/tab] [tab]DSC_0063[/tab] [tab]DSC_0109[/tab] [tab]DSC_0241[/tab] [tab]DSC_0254[/tab] [tab]DSC_0258[/tab] [tab]DSC_0263[/tab] [/tabs]

Dalam rangka memperingati Hari Bumi pada 22 April lalu, Departemen Sosial mengadakan tiga rangkaian acara yang dilaksanakan dalam dua minggu ini. Sosialisasi Mitigasi Bencana dan Bakti Sosial dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 27 April 2014. Sosialisasi mitigasi bencana dilaksanakan pada pukul 09.00 pagi, disusul dengan bakti sosial yang dilaksanakan pada pukul 16.00 sore.

Sosialisasi mengenai mitigasi bencana lahar Gunung Merapi dilaksanakan di Desa Jogoyudan, Gowongan, Jetis, DIY, pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Acara dibuka dengan pemberian kata sambutan oleh ketua Departemen Sosial, Azmin Nuha. Dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai mitigasi bencana lahar Gunung Merapi oleh Rikzan Norma Saputra, mahasiswa Teknik Geologi FT UGM.

Sosialisasi mengenai mitigasi bencana lahar Merapi berlangsung selama dua jam. Dalam pemberian materi, dijelaskan mengenai karakter gunung Merapi sendiri, tipe gunung Merapi, tipe magma dan pola penyebaran abu vulkanik maupun lahar Merapi. Pemberian materi mengenai mitigasi bencana lahar Merapi dinilai penting karena Desa Jogoyudan sendiri berada di tepi Kali Code yang alirannya berasal dari Gunung Merapi. Bukan tidak mungkin Desa Jogoyudan ini akan terkena banjir lahar Gunung Merapi jika Merapi meletus lagi.

Selain dijelaskan mengenai karakter gunung Merapi, warga Desa Jogoyudan juga diberikan penyuluhan mengenai cara penyelamatan diri yang tepat jika aliran lahar Merapi menjangkau Desa Jogoyudan. Tips-tips yang diberikan diharapkan dapat berguna dan mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh aliran lahar Merapi di masa datang.

Setelah sosialisasi mitigasi bencana lahar Merapi selesai, pukul 16.00 sore rangkaian acara kedua dalam memperingati hari bumi dilaksanakan. Acara bakti sosial Departemen Sosial HMTG FT UGM dlaksanakan di Panti Asuhan Bina Insani, Sombangan, Sumbersari, Sleman, DIY. Acara ini diawali dengan sholat Ashar berjamaah dan dilanjutkan dengan pembukaan serta kata sambutan. Lalu pemberian materi mengenai motivasi dalam mencapai cita-cita diberikan oleh Alfredo Di Stefano, Mahasiswa Teknik Geologi FT UGM.

Pemberian materi berlangsung santai dan edukatif. Pemberian semangat dan kata-kata motivasi mampu menginspirasi dan menambah semangat adik-adik yang berada di Panti Asuhan Bina Insani. Ditambah lagi dengan pemberian games dan penontonan video motivasi, semakin menambah semangat adik-adik dan mengubah keadaan menjadi lebih santai dan seru. Setelah pemberian materi, acara dilanjutkan dengan shalat Magrib berjamaah dan makan malam bersama. Acara bakti sosial ditutup dengan penyerahan bantuan. (Nurul_TIM)

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*