Pengenalan Dasar Lapangan (PDL) 2014

[tabs slidertype=”simple” fx=”slide” auto=”yes”] [tab]
DSC_0105[/tab][tab]
DSC_0179[/tab][tab]
DSC_0540[/tab][tab]
DSC_0642[/tab][tab]
IMG_4482[/tab][tab]
AAM63259[/tab][tab]
AAM63283[/tab][tab]
AAM63334[/tab][/tabs]

SMART ATTITUDE TRUST and UNITY… PDL 2014!!!

Smart, attitude, trust, and unity.. itulah jargon PDL 2014. Pengenalan Dasar Lapangan (PDL) 2014 merupakan suatu acara atau kegiatan tahunan untuk para mahasiswa baru Teknik Geologi UGM yang berisi tentang kegiatan geologist saat di lapangan. Adapun kegiatan ini berupa pengenalan lapangan yang menjadi syarat mutlak bagi calon ahli geologi agar membentuk pribadi yang unggul secara fisik maupun mental, memiliki attitude yang baik dan unggul secara akademik. Acara ini merupakan acara legal yang telah disetujui Jurusan Teknik Geologi FT UGM dan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi yang diselenggarakan setiap awal tahun ajaran baru, dimana pesertanya adalah mahasiswa baru Teknik Geologi FT UGM. Acara PDL 2014 diikuti oleh mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2013 berjumlah 105 orang. Adapun panitianya berasal dari anggota Himpunan Teknik Geologi (HMTG) yang merupakan mahasiswa angkatan 2010, 2011, dan 2012. Panitia ini khususnya panitia P3K telah dilatih oleh profesional sehingga kesehatan dan keamanan peserta terjamin.

Rangkaian acara Pengenalan Dasar Lapangan 2014 ini terdiri atas dua tahapan yaitu tahapan acara kampus dan tahapan acara lapangan. Pada tahapan acara di kampus, kegiatan dilaksanakan di lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada, berupa sosialisasi mengenai pengenalan dasar lapangan, persiapan yang dibutuhkan dan pemberian tugas yang dilanjutkan dengan pengecekan sebelum ke lapangan, hingga pembekalan materi berupa pelatihan fisik, survival, safety procedure dan geologi lapangan yang akan bermanfaat dalam tahapan acara di lapangan nantinya.

Rangkaian kegiatan pada tahapan acara yang kedua, yaitu acara lapangan, merupakan bentuk simulasi kegiatan lapangan. Dengan demikian peserta diharapkan dapat mengenali kegiatan lapangan secara global. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antar peserta, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam pribadi peserta, serta melatih kemampuan fisik dan mental peserta di lapangan.

PDL 2014… PDL 2014.. Membangun Pribadi Budi Pekerti.. Mahasiswa Geologi Sejati!!!

Acara PDL ini didahului dengan tahapan sosialisasi pada Jumat, 20 Desember 2013 bertempat di ruang 3.1 Jurusan Teknik Geologi FT UGM. Acara ini diawali dengan pembukaan PDL 2014 oleh Bapak Agung Setianto selaku dosen dan penanggung jawab dalam PDL 2014 ini. Selanjutnya dilakukan pendataan peserta PDL 2014 serta pemberitahuan perlengkapan, tugas dan peraturan PDL 2014 dan yang terakhir adalah pembagian kelompok dan pemandu kelompok.

Pertemuan kedua PDL yaitu tahapan pengecekan dan pengarahan pada hari Sabtu, 28 Desember 2013 pukul 07.00 – 10.00 WIB yang bertempat di HMTG FT UGM. Pengecekan dilakukan untuk menilai serta mengevaluasi mengenai kesiapan peserta baik selama pelatihan maupun di lapangan, agar sesuai dengan standar aturan keselamatan dan keamanan. Sedangkan pengarahan dilakukan untuk memberikan bimbingan dan motivasi kepada peserta PDL 2014.

Setelah mendapat pengarahan, peserta kemudian sampai pada tahap pelatihan dan pembekalan fisik yang dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Januari 2014 pukul 06.00 – 17.30 WIB bertempat di Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 403/WP. Pelatihan dan pembekalan ini dilaksanakan oleh tenaga ahli profesional, yaitu Batalyon Infanteri (Yonif) 403/WP yang disesuaikan dengan standar peserta PDL 2014. Pelatihan ini mengenai kedisplinan dan kerjasama.

Tahapan selanjutnya pada rangkaian PDL 2014 ini yaitu pelatihan dan pembekalan survival dan safety procedure pada hari Selasa, 21 Januari 2014 pukul 06.00 – 17.30 WIB bertempat di Lapangan Satu Bumi FT UGM. Pelatihan dan pembekalan ini dilaksanakan oleh tenaga ahli profesional berupa pelatihan survival oleh MAGMAGAMA meliputi pelatihan pembuatan tandu, kompor, bivac, SRT dan pelatihan safety procedure oleh UKESMA meliputi pelatihan pembuatan bindai untuk pertolongan pertama pada patah tangan/kaki dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Pada hari kamis, 23 Januari 2014 peserta PDL 2014 mengikuti tahapan pelatihan dan pembekalan geologi lapangan yang bertempat di Fakultas Teknik UGM. Pengenalan geologi lapangan dilaksanakan oleh ahli geologi profesional yaitu Bapak Pentatok Kuncoro. Acara ini meliputi pengenalan dan penggunaan alat-alat geologi di lapangan serta teknik bekerja seorang geologist di lapangan.Yang tak kalah menarik adalah diadakannya GAMES dilaksanakan oleh panitia PDL 2014 di Fakultas Teknik UGM. Acara ini berupa permainan yang berisi 6 buah pos, diantaranya: Pos Pemberangkatan, Pos 1(Pos Fisik), Pos 2 (Pos Kekompakan), Pos 3 (Pos Sketsa dan Morfologi), Pos 4(Pos Geologi), dan Pos 5 (Pos Struktur Geologi).

Inilah puncak dari serangkaian acara PDL 2014. Ya, tahapan acara lapangan. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 25-26 Januari 2014 bertempat di Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Acara ini didahului dengan Tracking pada hari pertama yangdilaksanakan di Perbukitan Jiwo Timur.Pada kegiatan ini terdapat 5 pos. Tracking dilakukan per kelompok dimana dibimbing oleh pemandu dari tiap kelompok.

Pada hari kedua di lapangan dilaksanakanlah Acara Puncak yaitu berupa Inagurasi PDL 2014. Kegiatan dilaksanakan di sekitaran Kampus Bayat, yaitu pada sawah.Pada kegiatan ini dimana pada malam sebelumnya peserta telah mendirikan bivac pada lokasi acara puncak berlangsung.

Dengan diadakannya Inagurasi PDL 2014, maka berakhirlah serangkaian acara PDL 2014 ini. Selamat datang anggota baru HMTG FT UGM. Selamat atas keberhasilan kalian melewati rangkaian acara yang panjang ini. Tetap semangat, jaga kekompakan, dan rasa kekeluargaanya. Ditunggu kontribusi dan aksinya untuk HMTG FT UGM pada khususnya dan untuk Teknik Geologi pada umumnya.

JAYALAH HMTG FT UGM!!!

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*