Geology Goes To School

[tabs slidertype=”simple” fx=”slide” auto=”yes”] [tab]IMG_0082[/tab] [tab]IMG_0130[/tab] [tab]IMG_0136[/tab] [tab]IMG_0162[/tab] [tab]IMG_0184[/tab] [/tabs]

HMTG FT UGM kembali mengenalkan Geologi kepada adik-adiknya di berbagai SMA melalui kegiatan Geology Goes To School (GGTS). Kegiatan ini diadakan oleh Departemen Pendidikan dan Penalaran HMTG UGM dengan tujuan yaitu memberikan gambaran tentang Jurusan Teknik Geologi di Universitas Gadjah Mada kepada siswa SMA atau yang sederajat khususnya siswa kelas XII yang sebentar lagi akan menempuh Ujian Nasional dan memilih universitas tempat mereka kuliah nantinya.

Waktu pelaksanaan Geology Goes To School adalah selama liburan semester ganjil Jurusan Teknik Geologi yaitu dari tanggal 21 Januari 2013 sampai tanggal 8 Februari 2013. Target SMA yang akan didatangi tidak hanya berpusat di Yogyakarta saja karena selama liburan ada beberapa pengurus HMTG yang pulang ke kampung halamannya sehingga berkesempatan untuk mengunjungi SMA di daerah tersebut untuk melakukan kegiatan Geology Goes To School ini. Pada periode kali ini, Departemen Diklar merencanakan 24 SMA yang menjadi target Geology Goes To School.

Pada GGTS ini, pengurus HMTG menyampaikan tentang perkuliahan di jurusan Teknik Geologi misalnya tentang materi yang dipelajari, termasuk sistem perkuliahan Teknik Geologi yang memiliki praktikum dan fieldtrip (kuliah lapangan). Selain itu pengurus HMTG juga menjelaskan tentang karir seorang geologist di masa depan nantinya dan juga tentang organisasi-organisasi yang ada di Jurusan Teknik Geologi FT UGM yang mana merupakan lading yang sangat baik untuk melatih softskill mahasiswa. Suasana yang hangat dari siswa kelas XII itu pun membuat pengurus HMTG semakin semangat dalam mempresentasikan jurusan Teknik Geologi yang mungkin banyak diantara mereka yang masih belum mengenal geologi.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti, meski pun ada beberapa sekolah yang gagal dikunjungi karena menyangkut perizinan sekolah tersebut. Semoga kegiatan ini bermanfaat, khususnya kepada siswa kelas XII dalam mempertimbangkan jurusan yang akan mereka pilih setelah UN nanti. Pengenalan Teknik Geologi juga akan dilakukan untuk siswa SMA kelas XII dan masyarakat umum di Yogyakarta dan sekitarnya dalam acara Geo Expo pada bulan Mei 2013 nanti di Kampus Teknik Geologi UGM. (TIM)

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*