[tabs slidertype=”simple” fx=”slide” auto=”yes”] [tab][/tab] [tab]
[/tab] [tab]
[/tab] [tab]
[/tab] [tab]
[/tab] [/tabs]
Pada tanggal 22 Februrari 2013, ruangan kelas 3.1 diisi oleh mahasiswa dari berbagai angkatan untuk menghadiri Forum Diskusi Geologi dengan tema “Kurikulum Geologi Dalam Perspektif Mahasiswa” yang diadakan oleh Departemen Pendidikan dan Penalaran (Diklar) HMTG FT UGM. Acara ini merupakan program kerja perdana Departemen Diklar HMTG khusus pada bidang akademik. Forum diskusi bertujuan untuk menyinergikan antara mahasiswa dengan jurusan khususnya pada bidang kurikulum akademik. Acara diketuai oleh Kamil Ismail mahasiswa Teknik Geologi dengan moderator M. Fatih Qodri. Acara dimulai pada pukul 16.30 WIB dan selesei pada 18.20 WIB dengan pemateri yaitu Bapak Salahuddin Husein, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku ketua PPJ Akademik dan dihadiri peserta sebanyak 36 orang.
Format diskusi berupa Focus Group Discussion yaitu dibuat enam kelompok dengan masing-masing kelompok diisi oleh pemimpin diskusi mengangkat isu-isu yang ada dengan berbagai sudut pandang berbeda. Setelah diskusi kelompok berakhir, perwakilan pembicara tiap kelompok akan menyampaikan hasil diskusi dari topik yang diangkat kelompok tersebut lalu disusul dengan tanggapan dari kelompok lain menyangkut topik yang diangkat. Topik yang didiskusikan tiap kelompok berbeda-beda, antara lain topik tentang materi kuliah, kuliah lapangan, praktikum, penempatan mata kuliah, lulusan kurikulum 2011, dan kemungkinan lulus tepat waktu (empat tahun). Diskusi berjalan aktif dengan adanya penanggap tiap kelompok diskusi pada permasalahan akademik yang diangkat.
Kesimpulan yang dapat diambil dari forum diskusi ini, antara lain kebijakan DIKTI maupun UGM mendesak diadakannya perubahan kurikulum. Dibalik segala solusi yang sudah di desain dalam kurikulum 2011, kurikulum ini masih menyimpan beberapa permasalahan yang dirasakan oleh mahasiswa baik dari konten matakuliah, waktu, praktikum, kuliah lapangan, dll. Semua kritik maupun saran sudah disampaikan ke PPJ Akademik.
Permasalahan utama yang dirasakan adalah belum terintegrasinya sistem yang dibangun dalam kurikulum 2011. Tidak hanya mahasiswa, ternyata dosen juga turut merasakannya permasalahan tersebut.
Solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan diatas adalah harus adanya integrasi sistem kurikulum, mahasiswa harus bisa berdisiplin dalam melaksanakan kuliah, praktikum maupun kuliah lapangan, harus adanya control dosen terhadap mahasiswa serta semua pihak harus bisa saling mendukung untuk menjadikan Teknik Geologi UGM bisa menjadi lebih baik. (TIM)