HASIL HEARING DEPARTEMEN OKTOBER 2016

Hoi kalian kalian kaum – kaum pembesar himpunan, pengen tau hasil hearing departemen tanggal 26 oktober kemarin? langsung aja buka di sini.

Dan untuk aspirasi – aspirasi yg belum tersampaikan bisa disimpan dulu gan, akan ada hearing departemen episose berikutnya. Ingat perubahan tak akan datang pada kalian yang diam saja.

#GesaGesuSesuSasa
#GeologiSampaiMati

Notulensi Hearing Jurusan Tanggal 25 Oktober 2016

Pertanyaan dan Jawaban

Hearing Departemen Teknik Geologi UGM dengan HMTG UGM

  1. Kurikulum 2016 ini dapat dibilang sangat berat bagi sebagian besar mahasiswa yang mengalaminya, dan ini sangat berdampak pada keaktifan mahasiswa di organisasi baik HMTG ataupun diluar HMTG. Apakah kurikulum ini akan tetap dipertahnkan atau dirubah pak? Kemudian mengenai praktikum apakah tidak akan ada laporan lagi, dan apa pertimbangannya?

JAWABAN :

kurikulum 2016 memang wajib diperbaiki di seluruh fakultas teknik, dan sudah disetujui oleh senat fakultas teknik. memang dirasa berat karena kuliah dasar ke semester awal, mengikuti akreditasi abet supaya diakui secara internasional. meskipun nanti dari tugasnya lebih berat. Karena di fakultas teknik harusnya ada fisika, kimia, matematika sebagai dasar.

untuk berubah atau tidak nanti akan ada evaluasi dan mungkin dilakukan perubahan tetapi tidak tahun depan.

masalah 2016 menjadi permasalahan bersama dan keikutsertaan diharapkan lebih besar. proses belajar mengajar dibicarakan dengan anggota hmtg, kurikulumnya didiskusikan bersama. masukan sangat dibutuhkan untuk merubah kurikulum.

bukan berarti tidak membuata laporan tetapi praktikum selesai saat itu juga, sekaligus laporannya, boleh setelah itu tetapi tidak semua acara. bagaimana memodifikasi praktikum dan dikonsultasikan terhadap dosen pengampunya hanya waktunya harus didiskusikan kembali. untuk melakukan perubahan dibutuhkan dokumen dari litbang dibuat kuisoiner untuk tiap angkatan dan dibuat kesimpulan. contoh distribusi praktikum dsb, bagian mana yang akan diperbaiki. jika alasan diterima lalu diubah kurikulumnya.

formatnya ini memang berat karena penyesuaian masa transisi.

terutama dari litbang kurikulum dibuat untuk semua orang bahagia, terdapat 2 hal pokok :

1. membawa peserta didik mencapai kompetensi, kecakapan minimum. ketika kalian PD untuk lulus !

2. penerapan ilmu di bidang bidang geologi mahasiswa mapu mengambil dan mengolah data dengan berbagai metode

3. masuk konsentrasi energi, mineral, atau lingkungan.

litbang buat kuisoner diberi masukannya.

jumlah lulusan yang tepat waktu memang sulit, komunikasi harus ditingkatkan untuk perbaiki kurikulum.

indikator kurikulum sudah berhasil, jika kelulusan mahasiswa meningkat.

  1. Bagaimana kejelasan lahan parkir di depan departemen pak? Karena bukan diisi mahasiswa geologi melainkan tamu dari luar geologi malah yang mengisi pak

JAWABAN :

sebenarnya parkiran geologi yang pasti hanya yang dibelakang, hanya karena di depan geologi dan yang membersihkan geologi maknnya dipakai kebanyakan geologi. namun sebenarnya milik bersama. kondisinya meamng seperti itu tunggu saja parkiran barunya.

  1. Alat-alat laboratorium terlihat banyak yang rusak dan penyimpanannya sering kurang diperhatikan. Apakah departemen ada rencana pembaruan alat dan pembuatan aturan yang ketat mengenai penyimpanan alat laboratorium?

JAWABAN :

untuk alat laboratorium nanti akan diperoleh bantuan dari jepang, gedung erik akan menampung alat alat praktikum. sambil menunggu kpft 9 lantai sebagai tempat perkuliahan dengan tujuan agar mahasiswa semakin meningkatkan hubungan.

untuk yang rusak segera diurus, dan diajukan ke pak doni

  1. Kompensasi untuk yang mengikuti lomba bagaimana

JAWABAN :

Sebenarnya ada kompensasi namun kuliah kan hak perogratif dosen, prinsipnya jika ada surat untuk meminta ijin untuk tidak kuliah, kami ijinkan. mahasiswa mendapat ijin secara resmi, opname sakit, bencana, mewakili institusi.

5. 2015 kan mengalami transisi dan sangat berat. dan beberapa mapel tertumpuk seperti minop dan petrografi, dan sedimen dengan prinstrat

– sks wajib kan 23 kan berefek negatif karena banyak sks wajib yang terbuang.

– matgeo dan geoinfo gimana?

JAWABAN :

–        syarat kl geoinfo mungkin diubah. di masa transisi syarat tertentu yang berat di ringankan atau diberi kompensasi.

–        untuk 2016 dan 2015 yang mengalami penumpukan nanti akan ditata ulang untuk praktikum harus dikontrol di masa transisi sehingga selaras di masa transisi. intinya agar tujuan praktikum tercapai.

–        nanti kedepannya soal harus mengandung matematika, fisika, kimiauntuk kuliah di tempat lain bisa di tempat lain, bisa transfer mata kuliah, dengan mempertimbangkan kesesuaian mata kuliah.

  1.  laporan praktikum, diluar praktikum apakah menyalahi aturan ini

JAWABAN :

tidak karena semuanya menyesuaikan hanya saja untuk mengurangi beban praktikum saja, dibicarakan saja dengan dosen pengampunya.

  1. matakuliah yang overlap. bagaimana porsi penjelasan dari asisten dan praktikan jadi bingung. apalagi kan ini satu sks

JAWABAN :

akan diubah geologi dasar + geomorfologi = geologi fisik

mahasiswa semester I memang berat untuk contoh geomorfologi di semester I, kemungkinan akan dilakukan relokasi. tapi mungkin tidak terlalu diubah karena akan semakin membingungkan.

ihsan akmala :

  1. remedial di teknik geologi ini masih membingungkan. padahal di buku panduan sudah ditulis. apalagi kalau >70% yang mengulang apa gak memperlama

JAWABAN :

remidiasi tidak ditentukan oleh statitik nilai, remidiasi hanya di semester genap. namun itu merupakan hak mahasiswa dan dosen maka harus dibicarakan semuanya.

  1.  penjelasan lebih jelas mengenai abet

JAWABAN :

penataannya 2 tahun, tujuannya dengan pengawasan dosen supaya lebih efektif dalam mencapai tujuan kurikulum dan kompetensi, tapi prosesnya masil lama.

10.  matgeologi gimana kelanjutannya karena takutnya tahun depan membengkak. malah tidak efektif

untuk KL tidak harus seangkatan jadi urgensinya karena tidak kesandung prasyarat.

matgeo nanti didiskusikan lebih lanjut

 

 

11. – mengenai yudisium jaraknya terlalu jauh antara jurusan dan universitas terlalu jauh.

– dosen sulit dimintai tanda tangan untuk yudisium, karena sulit sekali ditemui dosennya, atau juga kalau mungkin sistematika pemindahannya seperti apa

JAWABAN :

– karna kelengkapan berkas nanti rapat sehari tanggal 19 nanti surat dikeluarkan untuk mendamingi berkas calon wisudawan ke fakultas. tidak rapat tanggal 21 karena hanya pada hari rabu. berkas diminta pada tanggal 19 sehingga 17 dibatasinya. sebetulnya masih bisa menyusul tetapi tidak bisa terlalu banyak. dan memang rapat pengurus hari rabu. yang penting berkasnya ada.

– dosen membantu yudisium mahasiswanya, maka diberi tahu ke pengurus jika memang urgen, nanti bisa dibantu oleh pengurus. intinya semuanya akan dibantu oleh pengurus.

 

 

SARAN :

dokumen hm diperbaiki lagi

– untuk seluruh kegiatan seluruhnya harus dilaporkan ke mba fanny terlebih dahulu agar tidak ada yang bertabrakan

File dokumen notulensi :

pertanyaan-hearing-compile

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*