Bumi Gadjah Mada (Terbaru Edisi ke-6)

“BUMI GADJAH MADA”

Memahami bumi, memaknai kehidupan

Menulis merupakan aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan akademis. Namun  kebiasaan menulis di kalangan mahasiswa masih minim. Bagi sebagian mahasiswa, menulis hanya dilakukan ketika mengerjakan tugas atau untuk mengerjakan skripsi. Mempublikasikan hasil pemikiran maupun penelitian ke dalam karya tulis bukan sekedar untuk mencari nilai, status, atau gelar akademis. Karya tulis yang disusun dan dipublikasikan lebih sebagai salah satu bentuk tanggungjawab moral mahasiswa kepada masyarakat.  Selain itu, masih kurangnya media untuk menuangkan ide atau pikiran serta kurangnya pelatihan menulis, membuat mahasiswa semakin enggan untuk menulis bahkan menganggap menulis merupakan kegiatan yang membosankan.

Sebagai bentuk kerja utama menjadi media publikasi Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (HMTG FT-UGM), Departemen Teknologi, Informasi, dan Multimedia (TIM) memberi kesempatan kepada mahasiswa geologi yang memiliki minat di bidang jurnalistik. Media komunikasi yang telah ada sebelumnya adalah media elektronik berupa website, akun media sosial dan media cetak berupa buletin dianggap masih belum cukup memberi tempat bagi mahasiswa untuk menulis. Media-media tersebut lebih difokuskan kepada berita dan informasi mengenai kegiatan yang ada di Jurusan Teknik Geologi UGM sehingga kurang dapat dibaca oleh pihak eksternal dan kurang melatih mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah/semi-ilmiah. Oleh karena itu, pada kepengurusan HMTG FT-UGM periode 2013, Departemen TIM membuat program kerja baru berupa majalah dengan nama “Bumi Gadjah Mada”.

Pemilihan nama majalah “Bumi Gadjah Mada” bukanlah tanpa arti dan tujuan. “Bumi” sendiri menunjukkan bahwa kami merupakan mahasiswa Teknik Geologi yang notabene objek utama pembelajaran kita adalah bumi. “Gadjah Mada” menunjukkan kami merupakan bagian dari Universitas Gadjah Mada.

Konten utama majalah “Bumi Gadjah Mada” berupa ulasan mengenai suatu kasus atau topik geologi yang sedang berkembang, sesuai dengan tema utama majalah tiap edisi. Topik ini tidak hanya diulas dari sudut pandang geologi saja, tetapi juga dari sudut pandang lain seperti lingkungan dan masyarakat. Dalam penyajiannya, kami membagi bahasan topik tersebut menjadi beberapa rubrik tetap dan rubrik tidak tetap. Rubrikasi untuk majalah ini ditentukan dengan mempertimbangkan fungsi dan kebutuhan atas informasi yang diinginkan pembaca dan yang ingin disampaikan oleh redaktur.

EDISI 1 (2013) : “Sumber Daya Geologi Yogyakarta”

Bumi Gadjah Mada Vol 1

BGM Edisi ke-1 2013

EDISI 2 (2014) : “Bersahabat Dengan Bencana”

cover ed 2

BGM Edisi ke-2 2014

EDISI 3 (2015) : “Memahami Bumi Indonesia -dari Sabang sampai Merauke-“

Cover Depan BGM 3

BGM Edisi ke-3 2015

EDISI 4 (2016) : “Bersahabat Dengan Bencana”


BGM Edisi ke-4 2016

EDISI 5 (2017) : Geologi, Alam ,dan Manusia
BGM Edisi ke-5 2017

EDISI 6 (2018) : Geologi Pembangunan Nasional (TERBARU)
BGM Edisi Ke-6 2018

Selamat Membaca!!

 

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*