World Water Day, “Water for All”

[World Water Day, “Water for All”]

01-Lpt-Cover

Peringatan Hari Air (World Water Day) yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, 23 Maret 2019 merupakan kegiatan kolaborasi HMTG FT UGM dengan berbagai pihak dan masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan untuk memperingati kesepatan Konferensi PBB tentang Sumberdaya Air pada tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brazil. Pada tahun ini, acara tersebut mengusung tema “Water for All” yang mengandung makna bahwa semua orang berhak mendapatkan akses air bersih.

Kegiatan tersebut memiliki agenda utama berupa penyelamatan mata air dan membersihkan Sungai Gajah Wong. Dengan kegiatan membersihkan sungai, secara tidak langsung mempererat tali silaturahmi antara pihak UGM dengan masyarakat. Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan pembagian baju bertuliskan “Water for All” kepada para peserta. Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sarapan pagi dengan kudapan tradisional berupa jagung, kacang, dan pisang rebus yang di sajikan dalam 8 wadah besar.

Selanjutnya, kegiatan dibuka secara simbolis dengan sambutan dari pihak Departemen Teknik Geologi, yang diwakili oleh Bp. Dr. Wahyu Wilopo, S.T., M.Eng. dan salah seorang perwakilan dari masyarakat. Sesi pembukaan rangkaian kegiatan diakhiri dengan penyerahan bibit pohon kepada masyarakat sebagai tanda simbolis dibukanya rangkaian kegiatan di hari tersebut.

Seluruh peserta, baik itu dari mahasiswa, dosen, sukarelawan, dan masyarakat secara gotong royong terlihat sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut, meskipun hanya dengan perlengkapan sederhana, berupa cangkul, skrop kecil, dan karung goni yang sudah dimodifikasi layaknya tas sandang.

“Menjaga agar sumber air tetap bersih merupakan tanggung jawab semua orang”, ungkap salahsatu perwakilan dari PT Aqua Tirta Investama.

Para peserta sangat antusias untuk turun ke sungai, meskipun aliran Sungai Gajah Wong pagi itu cukup deras. Beberapa di antara peserta ada yang membersihkan bantaran sungai dan ada pula yang rela menyeberang untuk membersihkan sisi sungai lainnya.

Kegiatan bersih-bersih sungai diakhiri pada pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan dengan sesi kuis berhadiah yang berlokasi di taman kecil di sebelah sungai. Sambil berjalannya sesi kuis, para peserta pun beristirahat di 2 gazebo yang tersedia. Para peserta sangat antusias menjawab dan mendapatkan berbagai hadiah berupa uang tunai, power bank, pipet stainless, botol minuman, dan masih banyak lagi. Setelah sesi kuis berakhir, acara tersebut pun diakhiri dengan sesi makan siang bersama.

.

Reporter: Ongky Suherman H., Salma Fatria P.
Editor: Farhan Zul Fauzi
Fotografer: Muzammil, Fajar Rufi H.
Poster: Ar Rafyasta Islamy M.

Ikuti kami di media sosial!

Line: line.me/R/ti/p/%40jns7950h

Instagram: instagram.com/bumigadjahmada/

#BumiGadjahMada

#MemahamiBumiMemaknaiKehidupan

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*